Angular Impaction

Ini nih berita buruknya.
Namanya Angular Impaction, atau dalam bahasa Indonesianya Impaksi Angular, atau dalem bahasa non-medisnya disebut “Pertumbuhan gigi yang dodol karena nongol nggak pada tempatnya”. (Iya, yang terakhir ini karangan aja. Nggak usah repot nyari ke wikipedia. 😉 )
Halah!

Trus, letak masalahnya adalah bahwa pertumbuhan gigi yang kaya’ gini itu terjadi pada saat yang sungguh nggak tepat. Bayangin aja, nih gigi mulai terasa bikin senut-senut dan menunjukkan eksistensinya itu, justru saat genting-gentingnya menyelesaikan Tugas Akhirku. Lagi konsentrasi ngetik, eh tau-tau ada yang nusuk-nusuk nyeri di gigi!

Hampir aja aku mengutuk Silverqueen yang dulu kumakan dan kuanggap sebagai biang kerok nyeri di gigi ini, dan bersumpah gak akan memakan coklat seumur hidupku (tapi nggak termasuk Chunkybar, Toblerone, atau Cadbury loh! apalagi gratisan :mrgreen: ) Lah gak taunya, ternyata setelah konsultasi kedokter gigi, penyebab sakit ini bukan karena gigi berlubang, tapi gara-gara si impaksi angular yang terhormat itu. Jadi deh makan coklat lagi!

Yang bikin tambah buruk adalah untuk menghilangkan kelainan ini, gak lain dan gak bukan hanya dengan melakukan operasi. Kalo mau lihat step-stepnya, coba klik aja ke sini. Cukup mengerikan sih prosedurnya. Mohon yang punya penyakit jantung, nggak usah membuka halaman tersebut. 🙄

Operasi? ya ampun, seumur hidup, berurusan dengan dokter gigi aja terakhir itu waktu SD, lah ini tahu-tahu udah disuruh operasi, diambil giginya, trus dijahit. Apa mungkin pasien bisa milih mau dijahit model apa yak? Dengan model biasa, atau tusuk jelujur? Aku sih milihnya kalo bisa di renda aja dengan bordiran. Hueeeee….!!!

Berhubung kemaren itu sakitnya pas sebelum pendadaran, makanya operasinya ditunda dulu. Soalnya gak mungkinlah kita pendadaran dengan mulut terbungkam. Kan gak lucu!

Apa sih penyebab impaksi Angular?

Nah ini sekarang kita masuk bahasan yang sedikit ilmiah.
Impaksi Angular adalah sejenis kelainan pada pertumbuhan gigi geraham terakhir yang baru muncul di usia 16-20 (berarti kemunculannya di mulutku, telat dong! Kemana aja dulu lu gigi?). Kelainan pertumbuhan gigi yang menekan gigi lain ini disebabkan karena struktur dari rahang yang nggak kondusif buat pertumbuhan gigi akibat ukuran rahang yang kecil. Oleh karena mengganggu inilah, maka gigi geraham ini (yang disebut juga dengan nama panggilan yang cukup manis: wisdom teeth, alias gigi bijaksana, karena munculnya di usia matang) harus segera DICABUT! kalo nggak, maka bisa mengakibatkan gangguan-gangguan sekunder lain seperti gigi nyeri, sampe dengan migrain. 😕

Ah ya, bagaimana dengan nasib pendadaranku yang telah berlangsung itu? Emang banyak ceritanya sih, tapi sekarang ini, sambil diinget-inget dulu, I’ll leave it to your wildest expectation… 😈 😈

 

13 Comments

  1. exactly same illness…

    gw mo dioperasi kalo dah diwisuda.. tapi kapan> 🙄

  2. oh, berarti yang waktu aku nginep di tempatmu itu, kan pas lagi sakit gigi, itu karena penyakit yang sama ya?
    Nggak nyangka ya, ternyata keluarga besar kita punya bakat ber rahang kecil semua… :mrgreen: :mrgreen:

  3. whuuuaa.. mengerikan, ampe mesti operasi gitu??! 🙄
    duh, koq dt jadi parno ama diri sndri nih..
    abis, kyk-a kalo diitung2.. gigi geraham t’akhir dt blom nonggol nih..
    apa mgkn kena impaksi angular yah???!!! 😕
    takut nih…. uuuhhhh…. X(
    ::masukin jdwl bwt ke dokter gigi ah::

  4. kayaknya aku juga kena begitu, geraham yg trakhir tuh, ga dapet tempat. duh, kayak gitu mesti operasi yah?
    *membayangkan bu/ pak dokter gigi dgn bor di tangan*

    hiiiyyyy….
    kasian behelku nii..
    *ngelus behel tercinta*

    salam knal 😀

  5. sori OOT.. sok, monggo di add blogku..
    btw masih di jogja or dmana neh zu???
    gw punya kenalan drg neh, cantik lucu belum punya pacar.. tapi gw ga akan bilang ke lo zu…. kekeke ntar semuanya lo bilang angular impaction lagi, biar bisa berlama lama di tempat drg nya… kekekeke :Peace:

  6. @dita
    Hayoo… Dokter Gigi menunggu :mrgreen:

    @uthie
    lam kenal juga

    @ari
    Kenalaaaan mau mau mauu….!!!
    Untuk momen seperti itulah, maka angular impaksi ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. 😈

  7. hikss.. aku juga ngalamin kayak gitu..
    sedih sekali.. tapi sudah bertekat untuk menahan rasa sakit karena gak mau di operasi….

  8. wah looks hurt zuh.. tetep smangat.. tapi at least dah selse kan tugas akhirnya? 🙄
    gimana kabar ijazah & transkripnya.. udah dilegalisir lom? 😆

  9. klo ada geraham bungsu gk nongol2 gmn?
    sakitnya selalu, tumbuh malah enggak…

    klo dh sakit, kepala rasanya mw pecah!!
    (emg balon…?)

    aniwei buswei, selamat zu atas kelulusannya, sori telat, aq kelupaan terus…

  10. TQ all!!
    That’s all I can say!

  11. q jg kna impaksi ne..suakittnya mita ampyuuuun…

  12. Trims atas info kesehatannya. Buat nambahin pengetahuan pencegahan dan perawatan kesehatan, coba kunjungi http://www.sembuhalami.com

  13. wadooowww …..

    sakit gigi ja dag ng enak apalgi kelainan gigi ???
    😯

Leave a trace of your presence...

© 2018 Rambideunt

Up ↑