Kura-Kura Ninja!

Kita mulai dengan ini:

Oke, oke…

Anak muda itu sambil tersenyum tersipu mengakui, bahwa selalu ada tempat spesial di dalam dirinya untuk Kura-Kura Ninja. Leonardo, Michaelangelo, Raphael dan Donatello adalah empat ninja hijau favorit yang secara sadar atau tidak, punya kenangan tersendiri bagi dirinya.

Dahulu kala, disaat intro lagu tadi diputar, saat itu juga ia bakal meloncat dan berlari ke arah televisi tanpa memperdulikan apapun lagi, tidak mandi, PR atau kegiatan lain. Dari keempat mutan itu pulalah, yang menanamkan rasa penasaran dirinya akan rasa Pizza, yang terlihat lezat sekali di tayangan televisi tersebut. Makanan antah berantah yang pertama kali si anak muda itu akhirnya bisa  mencicipnya jauh setelah ia dewasa.

Setelah dipikir-pikir, bukan kebetulan jika si bocah yang mengidolakan Donatello itu tumbuh menjadi seorang geek dan memilih berkarir di dunia IT. tanpa ia sadari, sedari kecil dia sudah teracuni oleh kejagoan Donatello dalam mengutak atik barang teknologi dan mungkin di alam bawah sadarnya, sudah terpatri bahwa akan tiba waktunya si kecil ini mengejawantahkan semangat Donatello dalam kehidupan nyata.

Akhirnya, setelah si bocah kecil ini tumbuh dewasa dan terjerumus dalam dunia IT yang kelam dan jauh dari hingar bingar itu, disudut kamarnya tiba-tiba secara tidak sengaja di masa prokrastinasinya ia mendapatkan klip serial Teenage Mutant Ninja Turtle animation 2012 dan setelah menonton beberapa episode, ingatannya berpendar kembali ke masa lalu

Ia teringat kembali, bagaimana saat ia kecil mendapati simbol huruf “R” pada kura-kura yang memegang tongkat, yang seharusnya berlambang “D” di kaos hadiah ulang tahunnya, dan seketika ia bersumpah selamanya tidak akan sudi memakai kaus tersebut. Atau bagaimana bangganya ia saat menjiplak gambar kura-kura ninja dari stiker yang ditempel di meja belajarnya, hingga ia bersusah payah memaksa orangtuanya untuk mengantarnya ke tukang fotokopi untuk memperbanyak hasil karyanya tersebut… Ah, masa-masa yang indah.

Lamunannya tiba-tiba buyar. Ia teringat sebuah klip mahapenting yang membahas psikologi dari keempat ninja tersebut. Disana dibahas kejeniusan pencipta serial tersebut, Kevin Eastman (KE) dan Peter Laird (PL). Bukan tanpa alasan mereka memilih empat kura-kura dengan keunikan perilaku mereka sendiri. KE dan PL mendasari tokoh mereka berdasarkan sifat psikologi manusia yang sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Istilah yang dikenal dengan Four Humours.

Leonardo sang pemimpin yang memiliki sifat ambisius dan perfeksionis adalah ciri sifat Melankolis. Rafael yang kuat tapi emosional mewakili warna merah yang Koleris, sedangkan Michaelangelo yang riang tentunya adalah anak Sanguin. Donatello? Bisa ditebak, Donatello yang tenang dan cinta damai merupakan ciri sifat Plegmatis. Sama persis seperti ciri si anak itu (yang mengamini dan sok mengiyakannya sambil manggut-manggut kepala…)

Tidak berhenti disitu, ternyata keempat sifat Humour ini bentuk yang umum dikenal di kalangan grup yang beranggotakan empat. Seharusnya, keempat sifat yang sama sekali bertolak belakang ini tidak akan cocok satu sama lain. Akan tetapi, ternyata, mereka bisa kompak karena sifat mereka adalah komplemen bagi yang lain. sifat mereka akan saling melengkapi. Selain kura-kura ninja, sebut saja tokoh empat sekawannya Sex and the city, Scooby-Doo, Fantastic Four, hingga The Beatles, kesemuanya adalah contoh bagaimana harmonisasi dari keempat sifat tersebut terwujud.

Tak terbayang baginya, hingga saat ini, ternyata sebuah klip kecil, bisa membangkitkan kenangan manis dan pengalaman yang membekas bagi dirinya, dan tentunya memiliki sejarah yang penciptaan yang filosofis.

 Akhirnya,  si anak muda itu mengakhiri masa nostalgianya dan segera mempublish isi lamunan di blog pribadinya.

Sambil berjalan menuju dapur untuk menyiapkan sahur, sesekali ia menggumam; hm hm hmm They’re heroes in a half-shell and they’re green… hm hm hm

Teenage Mutant Ninja… TURTLE POWER!

1 Comment

  1. Menarik…

    Halo para TMNT/Kura kura ninja lovers
    Di indonesia sudah dirilis forum/grup TMNT pertama di Indonesia.

    Masih daam masa maintance, kami butuh para moderator juga
    Untuk mendaftar (dan berkesempatan menjadi Moderator) silakan kunjungi http://forum-tmnt.forumid.net/register

    Kalau hanya ingin melihat silakan ke homepage Forum TMNT Indonesia (FTI) di http://forum-tmnt.forumid.net

Leave a trace of your presence...

© 2018 Rambideunt

Up ↑